Webinar September I

Workshop Webinar

Tema:

Strategi Pemerintah Desa dalam menangani COVID 19 di lanskap Lariang


Host

IWAN LAPASERE

Koorwil AJI (Aliansi Jurnalis Independen) Sulawesi Maluku


Narasumber :


Ir. LUSIANA P SIGILIPU, Msi

Kepala Dinas PMD Kabupaten Poso


YOPY HARY

Direktur Yayasan Panorama Alam Lestari


MOCHAMMAD SUBARKAH

Direktur Relawan Orang dan Alam


Webinar ini telah di laksanakan pada :

Hari/Tgl : Selasa, 22 September 2020
Waktu : 09.30 – 12.00 Wita
Tempat : Zoom Webinaroa


Latar Belakang

World Health Organization (WHO) menetapkan virus Corona atau Covid-19 sebagai pandemi, Akhir-akhir ini kita disuguhkan data peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia baik jumah pasien terkonfirmasi positif dan jumlah pasien yang meninggal dunia. Data ini cukup memprihatinkan namun Pemerintah senantiasa berupaya untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Tak terkecuali dengan Provinsi Sulawesi Tengah merupakan Provinsi yang juga terdampak dari pandemi dengan ditemukan kasus terkonfirmasi positif, berdasarkan data dari situs resmi terkait Covid-19 Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Dari data tersebut terlihat bahwa selain Kota dan Kabupaten, yang juga perlu perhatian khusus terkait pencegahan penyebaran Covid-19 dan garda terdepan pemerintahannya adalah desa sehingga peran desa perlu dioptimalkan.

Untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di instruksikan untuk membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19 yang terdiri dari semua elemen perangkat desa, tokoh masyarakat dan bermitra dengan Babinkamtibmas, Babinsa dan Pendamping Desa. Nantinya Relawan akan memiliki tugas dalam pencegahan penyebaran, penanganan terhadap warga korban Covid-19, dan melakukan koordinasi ke pemerintah daerah.

Implementasi kegiatan Relawan antara lain, sosialisasi Covid-19, pendataan penduduk yang rentan, pendataan fasilitas kesehatan, menyiapkan ruang isolasi, melakukan penyemprotan disinfektan, pemantauan perkembangan Orang dalam Pantauan (ODP) dan Pasien dalam Pengawasan (PDP), serta memastikan tidak ada kegiatan warga berkumpul atau kerumunan dalam rangka Physical Distancing.

Sedangkan dalam konteks penanganan, Relawan dapat merekomendasikan kepada warga yang pulang dari daerah terdampak Covid-19 untuk melakukan isolasi diri baik dirumah masing-masing dengan pemantauan ataupun tempat isolasi yang telah disiapkan desa.

Oleh karena itu Pemprov dan Pemkab khususnya di wilayah Landscape Lariang Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi harus memastikan bahwa semua desa telah membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19.

Selanjutnya untuk ketahanan ekonomi masyarakat desa dalam menghadapi pandemi ini pemerintah pusat telah membuat program PKTD yaitu, (1) Dana Desa digunakan dengan pola PKTD, melalui pengelolaan secara swakelola, serta pendayagunaan sumber daya alam, teknologi tepat guna, inovasi dan sumber daya manusia desa; (2) Pekerja diprioritaskan bagi anggota keluarga miskin, penganggur dan setengah penganggur, serta anggota masyarakat marjinal lainnya; (3) Pembayaran upah kerja diberikan setiap hari; dan (4) Pelaksanaan kegiatan PKTD mengikuti ketentuan menerapkan jarak aman antara satu pekerja dengan pekerja lainnya minimum 2 meter dan bagi pekerja yang sedang batuk atau pilek wajib menggunakan masker.

Desa juga diberikan kewenangan untuk mengubah Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) pada dua fokus utama pemerintah saat ini, yakni program kegiatan yang bersifat PKTD dan penanganan Covid-19. Pemprov dan Pemkab melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Inspektur Daerah dan Camat untuk senantiasa melakukan pembinaan dan pengawasan agar anggaran yang telah diubah dijalankan dengan baik dan tepat sasaran, sehingga peran desa dalam mencegah penyebaran Covid-19 dapat lebih optimal.

Ada banyak contoh desa di Indonesia yang telah mengoptimalkan perannya sebagai desa tanggap Covid-19, terkait hal itu secara pendekatan landscape lariang di wilayah Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi perlu juga mendengar optimalisasi peran pemerintah desa melalui sebuah kegiatan webinar untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait penanganan COVID-19 di wilayah Kabupaten Poso dan Sigi serta desa di dua kabupaten tersebut.

Tujuan

Webinar Strategi Pemerintah Desa dalam menangani COVID 19 di lanskap Lariang Kabupaten Poso dan Sigi bertujuan untuk

  1. Berbagi informasi terkait peran dan optimalisasi upaya pencegahan Covid-19 di desa.
  2. Sejauh mana Kebijakan Penanganan Covid 19 membawa pengaruh terhadap ekonomi, sosial  dan lingkungan dimasa pandemi Covid-19 di desa.  

Hasil yang diharapkan

Adapun hasil yang diharapkan dari webinar Strategi Pemerintah Desa dalam menangani COVID 19 di lanskap Lariang Kabupaten Poso dan Sigi adalah :

  1. Adanya informasi terkait peran dan optimalisasi pencegahan covid -19 di Desa
  2. Skema Kebijakan Pemerintah kabupaten hingga level desa dalam konteks ekonomi, sosial dan lingkungan di masa pandemi Covid-19

Narasumber

  1. Dinas PMD Kabupaten Poso
  2. Dinas PMD Kabupaten Sigi
  3. Yopi Hary Direktur YPAL
  4. Perwakilan Pemerintah Desa di Kabupaten Sigi
  5. Relawan Orang dan Alam

Host

Iwan Lapasere Koordinator AJI (Aliansi Jurnalis Independen) Sulawesi Maluku

Waktu Pelaksanaan

Kegiatan rencananya akan dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi zoom dan undangan melakukan registrasi gratis yang formatnya telah disiapkan oleh panitia penyelenggara. Adapun kegiatan dilaksanakan pada :

Hari/Tgl : Selasa, 22 September 2020
Waktu : 09.30 – 12.00 Wita
Tempat : Zoom Webinaroa

Kontak Person
Mochammad Subarkah
0811459175

Penyelenggara

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Konsorsium Relawan untuk Orang dan Alam (ROA) atas dukungan NTFEP Indonesia serta Green Livelihoods Alliance yang bekerja di Landscape Lariang Kabupaten Poso Sulawesi Tengah dalam program Inclusive and Sustainable Lariang Landscape, Central Sulawesi


Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

X
X